SELAMAT DATANG

BINA KELUARGA LANSIA BINAAN PUSKESMAS KEDUNGWUNI I JUARA I LOMBA POSYANDU LANSIA TINGKAT KABUPATEN


Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 mei, Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan mengadakan lomba Posyandu Lansia. Tujuan pelaksanaan lomba ini sendiri selain sebagai media tolak ukur penilaian derajat kesehatan pada lansia, juga untuk memacu semangat positif pada lansia untuk menuju kehidupan masa tua yang bahagia, berdaya guna dalam kehidupan di keluarga dan di masyarakat. HLUN mengangkat tema Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia; dengan Sub Tema Bidang Kesehatan: Lansia Sehat Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat. Melalui tema ini diharapkan bangkit kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga; sehat harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup sehat; dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud Lansia yang sehat, mandiri dan  tetap produktif.


Berdasarkan hasil Susenas tahun 2016, jumlah Lansia di Indonesia mencapai 22,4 juta jiwa atau 8,69% dari jumlah penduduk. Sementara menurut proyeksi BPS tahun 2015, pada tahun 2018 jumlah Lansia diperkirakan mencapai 9,3% atau 24,7 juta jiwa. Dengan jumlah Lansia yang semakin besar, menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri sehingga nantinya tidak menjadi beban bagi masyarakat maupun negara, dan justru menjadi aset sumber daya manusia yang potensial.

Penilaian lomba posyandu lansia tingkat Kabupaten Pekalongan berlangsung dari akhir mei 2018 hingga medio juni 2018. Dari 26 kelompok peserta lomba, menyisakan 3 kelompok lansia binaan Puskesmas dengan Bina Keluarga Lansia “UTAMI” dari desa Podo Kecamatan Kedungwuni sebagai salah satu nominatornya. Penilaian lomba sendiri mencakup penilaian keaktifan kader, tingkat pengetahuan kader, keaktifan peserta, peran aktif Puskesmas beserta peran aktif pemerintah desa dan kelurahan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Pelaksanaan Posyandu Lansia di desa Podo dilakukan tiap hari Jumat di minggu ke 2 dan minggu ke 4, dengan kegiatan utama di bidang kesehatan meliputi senam sehat lansia, pengukuran tinggi dan berat badan serta tekanan darah peserta, melakukan pemeriksaan laborat sederhana yang terkoordinasi dengan kegiatan Posbindu dan juga pendampingan kegiatan sosial dan wisata para peserta. Dengan swadaya pembiayaan dan dengan melibatkan peran serta lintas sektor dan dibantu oleh 10 kader aktif dalam kegiatannya, posyandu lansia di desa Podo diharapkan mampu menjadi posyandu pemacu semangat dan menjadi pos percontohan bagi posyandu lainnya di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni I.





Posyandu lansia sendiri adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan tepat. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Sasaran posyandu lansia sendiri secara langsung menyasar pada kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun keatas), dan kelompok usia lanjut risiko tinggi (usia 70 tahun keatas). Sedangkan sasaran tidak langsung meliputi keluatga, masyarakat dan organisasi-organisasi sosial yang berkecimpung dalam pembinaan usia lanjut.




Dari 3 nominator Posyandu, tim penilai dari seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dan tim penggerak PKK Kabupaten Pekalongan pada bulan november 2018 mengumumkan Posyandu Bina Keluarga Utami binaan Puskesmas Kedungwuni I sebagai juara pertama dan berhak mendapat piagam penghargaan serta piala yang membanggakan seluruh pihak yang terkait. Kedepannya diharapkan seluruh posyandu binaan Puskesmas Kedungwuni I dapat berperan aktif dalam mewujudkan tujuan pelaksanaan posyandu lansia sebagai sarana kesehatan yang murah, berkualitas dan mampu meningkatkan taraf kesehatan seluruh pesertanya dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak. Akhir kata kami berterima kasih atas peran aktif seluruh pihak dalam pelaksanaan kegiatan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni I, semoga di masa mendatang seluruh kegiatan di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni I terutama Posyandu lansia akan lebih baik dan membawa lebih banyak manfaat dan mampu menyumbang hal-hal yang positif bagi seluruh masyarakat Kedungwuni.

KESEHATAN ANDA KEBAHAGIAAN KAMI

0 comments:

Post a Comment