SELAMAT DATANG

PROGRAM INOVASI FARMASI PEDULI PELANGGAN

APA ITU MASLINGGAN

Inovasi pelayanan publik dari Unit Farmasi Puskesmas Kedungwuni I yang dirilis pada bulan Agustus 2017. Program Inovasi Farmasi Peduli Pelanggan (MASLINGGAN) ini berorientasi dan berfokus pada wawancara, saling tukar informasi dan monitoring terhadap pasien yang telah diberikan terapi obat di puskesmas melalui media tekhnologi informasi, baik melalui sarana SMS, telepon maupun media Whatsapp dalam pelaksanaan kegiatannya, yang diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dan evaluasi untuk peningkatan mutu pelayanan Puskesmas.

LATAR BELAKANG PROGRAM MASLINGGAN

     Rata rata jumlah kunjungan di Puskesmas Kedungwuni I sekitar 100 pasien per harinya, namun dari jumlah diatas rasio ketersediaan jumlah tenaga kesehatan, khususnya tenaga petugas pengelola obat masih terbatas.  Hal ini mengakibatkan kontak komunikasi dengan pelanggan terutama perihal kelolaan dan edukasi seputar obat dirasa kurang intens, kurang efektif dan tidak optimal. Dan tentu saja hal diatas tersebut dapat berpengaruh pada penilaian pelanggap secara tidak langsung terhadap kualitas pelayanan pengobatan di Puskesmas.
Hal diatas inilah yang mendorong kami untuk segera merumuskan upaya inovatif yang terkoordinasi untuk mensiasati celah komunikasi yang ada antara petugas dengan pelanggan.. Sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi pelayanan serta meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan puskesmas secara umum dan pelayanan dari Unit Farmasi secara khusus.

MONITORING DAN KONFIRMASI APA SAJA YANG DIPRIORITASKAN?

1.     Monitoring ketepatan cara konsumsi obat yang telah diberikan pada pasien.
2.     Memantau kondisi pasien setelah minum obat.
3.     Memantau dan menindak lanjuti adanya kemungkinan keluhan baru maupun efek samping setelah mengkonsumsi obat.
4.     Mengukur tingkat kepuasan pelanggan.


TUJUAN UTAMA MASLINGGAN

  1. Tidak terjadi kesalahan dalam pemberian obat, dosis serta cara konsumsi obat.
  2. Tidak terjadi efek samping serta keluhan tambahan pada klien setelah mengkonsumsi obat.
  3. Meningkatkan kepuasaan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kedungwuni I.


MANFAAT PROGRAM MASLINGGAN

BAGI PELANGGAN
Pelanggan Puskesmas Kedungwuni I mendapatkan pelayanan kesehatan tidak hanya saat berada di gedung pelayanan Puskesmas saja, namun berlanjut hingga saat pelanggan berada dirumah.

BAGI PETUGAS
Petugas pelayananan dari dan di puskesmas akan mampu mengukur tingkat efektifitas serta mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan, dan mampu menganalisa sejauh mana  tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan dan pelayanan yang telah dlakukan petugas dari kondisi terakhir klien melalui komunikasi dua arah antara tim MASLINGGAN dengan klien/keluarga.

STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MENURUT PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 30 TAHUN 2014

1.    Meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian;
2.    Menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian; dan
3.    Melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan Obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety).
GARIS BESAR PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS KEDUNGWUNI I

  1. Pengkajian resep, penyerahan Obat, dan pemberian informasi Obat
  2. Pelayanan Informasi Obat (PIO)
  3. Konseling
  4. Pemantauan dan pelaporan efek samping Obat
  5. Pemantauan terapi Obat; dan
  6. Evaluasi penggunaan Obat
Anda bisa mendownload leaflet Program Inovasi Farmasi Peduli Pelanggan dengan meng-klik tombol download dibawah ini


0 comments:

Post a Comment