APA ITU MASLINGGAN
Inovasi pelayanan publik dari
Unit Farmasi Puskesmas Kedungwuni I yang dirilis pada bulan Agustus
2017. Program Inovasi Farmasi Peduli Pelanggan (MASLINGGAN) ini berorientasi dan berfokus pada wawancara, saling tukar informasi dan monitoring terhadap
pasien yang telah diberikan terapi obat di puskesmas melalui media tekhnologi informasi,
baik melalui sarana SMS, telepon maupun media Whatsapp dalam
pelaksanaan kegiatannya, yang diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dan
evaluasi untuk peningkatan mutu pelayanan Puskesmas.
LATAR BELAKANG PROGRAM MASLINGGAN
Rata rata jumlah
kunjungan di Puskesmas Kedungwuni I sekitar 100 pasien per harinya,
namun dari jumlah diatas rasio ketersediaan jumlah tenaga kesehatan,
khususnya tenaga petugas pengelola obat masih
terbatas. Hal ini mengakibatkan kontak komunikasi dengan pelanggan
terutama perihal kelolaan dan edukasi seputar obat dirasa kurang intens, kurang
efektif dan tidak optimal. Dan tentu saja hal diatas tersebut dapat
berpengaruh pada penilaian pelanggap secara tidak
langsung terhadap kualitas pelayanan pengobatan di Puskesmas.
Hal diatas inilah yang mendorong
kami untuk segera merumuskan upaya inovatif yang terkoordinasi untuk mensiasati celah
komunikasi yang ada antara petugas dengan pelanggan.. Sekaligus sebagai upaya
untuk meningkatkan efisiensi pelayanan serta meningkatkan kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan puskesmas secara umum dan pelayanan dari Unit Farmasi secara
khusus.
MONITORING DAN KONFIRMASI APA SAJA YANG DIPRIORITASKAN?
1. Monitoring ketepatan
cara konsumsi obat yang telah diberikan pada pasien.
2. Memantau kondisi
pasien setelah minum obat.
3. Memantau dan
menindak lanjuti adanya kemungkinan keluhan baru maupun efek samping
setelah mengkonsumsi obat.
4. Mengukur tingkat
kepuasan pelanggan.
TUJUAN UTAMA MASLINGGAN
- Tidak terjadi kesalahan dalam pemberian obat, dosis serta cara konsumsi obat.
- Tidak terjadi efek samping serta keluhan tambahan pada klien setelah mengkonsumsi obat.
- Meningkatkan kepuasaan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kedungwuni I.
MANFAAT PROGRAM MASLINGGAN
BAGI PELANGGAN
Pelanggan Puskesmas Kedungwuni I mendapatkan
pelayanan kesehatan tidak hanya saat berada di gedung pelayanan Puskesmas saja,
namun berlanjut hingga saat pelanggan berada dirumah.
BAGI PETUGAS
Petugas pelayananan dari dan di puskesmas
akan mampu mengukur tingkat efektifitas serta mengevaluasi kualitas
pelayanan yang diberikan, dan mampu menganalisa sejauh
mana tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan dan pelayanan yang
telah dlakukan petugas dari kondisi terakhir klien melalui komunikasi
dua arah antara tim MASLINGGAN dengan klien/keluarga.
STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MENURUT
PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 30 TAHUN 2014
1.
Meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian;
2.
Menjamin kepastian hukum bagi tenaga
kefarmasian; dan
3.
Melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan
Obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety).
GARIS BESAR PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS
KEDUNGWUNI I
- Pengkajian
resep, penyerahan Obat, dan pemberian informasi Obat
- Pelayanan
Informasi Obat (PIO)
- Konseling
- Pemantauan
dan pelaporan efek samping Obat
- Pemantauan
terapi Obat; dan
- Evaluasi
penggunaan Obat
Anda bisa mendownload leaflet Program Inovasi Farmasi Peduli Pelanggan dengan meng-klik tombol download dibawah ini
0 comments:
Post a Comment