SELAMAT DATANG

CUCI TANGAN PAKAI SABUN MENJAGA KITA UNTUK TETAP BERSIH DAN SEHAT


Mencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia di dunia. Tapi membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau. Selain itu, air mengalir dapat diupayakan hampir di setiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar.
CTPS yang benar adalah dengan memakai sabun dan air mengalir. Alasan dibaliknya adalah bahwa sabun terdiri dari rantai karbon hidrofobik yang melekat pada kuman di tangan yang disabuni dan membentuk molekul yang sangat halus. Ketika tangan dibilas air, sabun menggelontorkan molekul tersebut bersama kuman dan air bilasan. Dengan mekanisme inilah sabun mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular.

Mengapa harus memakai sabun?
Karena sabun dapat membantu menghilangkan atau membunuh kuman penyakit, dan melepaskan kotoran, lemak, atau minyak dari kulit.

 Apa manfaat cuci tangan pakai sabun?
Manfaat utama cuci tangan pakai sabun adalah melindungi diri dari berbagai penyakit menular. Penyakit-penyakit tersebut antara lain Diare, Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA), dan kecacingan, infeksi kulit, infeksi mata, dan penyakit-penyakit lain yang ditularkan lewat tangan yang tidak bersih.



Kapan sebaiknya kita lakukan? 
Cuci tangan pakai sabun dapat kita lakukan pada waktu-waktu berikut :
1.    Sebelum menyiapkan makanan
2.    Sebelum dan sesudah makan
3.    Setelah buang air kecil dan besar
4.    Setelah membuang ingus
5.    Setelah membuang dan atau menangani sampah
6.    Setelah bermain/memberi makan/memegang hewan 7. Setelah batuk atau bersin pada tangan kita

Berikut dibawah ini kami sisipkan video cara mencuci tangan menggunakan sabun yang benar

0 comments:

Post a Comment