SELAMAT DATANG

PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS PUSKESMAS KEDUNGWUNI I

Sejak tahun 2014 BPJS Kesehatan telah menerapkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang merupakan sistem pelayanan kesehatan untuk mengelola penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus Tipe 2. Definisi secara umum dari Prolanis bisa diartikan sebagai sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventif yang dikembangkan BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Secara rincinya lagi Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Prolanis dikembangkan karena penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi tergolong penyakit yang menyedot biaya paling besar. Program ini juga telah dimulai sejak BPJS Kesehatan masih berbentuk PT Askes (Persero). Tujuan dari program ini sendiri adalah mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. Sasaran yang dituju program Prolanis adalah seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi).

Prolanis merupakan kelanjutan dari skrining kesehatan. Jika hasil skrining riwayat kesehatan mengindikasikan peserta memiliki faktor resiko diabetes melitus tipe 2 atau hipertensi, peserta dapat turut serta dalam Prolanis. Bagi pasien yang sudah menyandang penyakit kronis diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi, juga dipersilakan bergabung dalam Prolanis. Aktivitas Prolanis ini meliputi berbagai hal, antara lain konsultasi medis, edukasi, reminder melalui SMS, serta home visit.
Jumlah penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas kedungwuni I tergolong cukup banyak, tanpa pengelolaan dan perhatian yang khusus bisa menimbulkan dampak buruk kesehatan, sosial dan ekonomi yang cukup besar di masa mendatang. Sebagai bentuk upaya pencegahan dan promosi kesehatan dasar pada masyarakat khususnya pada sasaran program Prolanis, Puskesmas Kedungwuni dengan dukungan dari BPJS rutin mengadakan kegiatan edukasi, pemeriksaan dokter dan laboratorium serta senam Prolanis bagi para pesertanya. Kegiatan Prolanis sendiri dilaksanakan secara rutin di minggu ke 2 setiap bulannya.
Untuk lebih mengenal program dan kegiatan Prolanis di Puskesmas Kedungwuni I, berikut dibawah ini kami sisipkan video memgenai kegiatan Prolanis di Puskesmas kami :



Dan dibawah ini saya sisipkan juga link video pengertian Prolanis dalam tampilan animatif agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti :



Terima Kasih atas kunjungan anda di Blog kami. Salam Sehat, Tetap Sehat dan Tetap bahagia.

0 comments:

Post a Comment