SELAMAT DATANG

ORIENTASI POSBINDU PTM DAN POSYANDU LANSIA PADA KADER KESEHATAN MASNITU

Angka kunjungan Posbindu PTM dan Posyandu Lansia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah peran dan dukungan dari kader kesehatan. Beberapa indikasi yang kami temui, menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan antara hubungan keaktifan, pengetahuan dan dukungan dari kader kesehatan dengan pemanfaatan Posyandu dan Posbindu oleh masyarakat binaan kami.
Kader kesehatan tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor pendukung yang berperan dalam perilaku kesehatan karena merupakan faktor penyerta yang berperan pada menetap atau hilangnya suatu perilaku.
Posbindu dikelola oleh kader yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Puskesmas. Kader posyandu mempunyai peran yang penting karena merupakan pemberi pelayanan kesehatan (health provider) yang berada di dekat kegiatan sasaran poyandu dan memiliki frekuensi tatap muka lebih sering daripada petugas kesehatan lainnya.
Kinerja kader posbindu/posyandu lansia dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah faktor intrinsik (dari dalam diri) kader posyandu meliputi faktor umur, tingkat pendidikan, lama pekerjaan, lama menjadi kader, minat dan kemampuan, sedangkan faktor ektrinsik (dorongan dari luar) kader meliputi fasilitas posyandu, pelatihan kader, pembinaan, insentif, dan dukungan masyarakat yang diberikan kepada kader.


Tetap Sehat dan Tetap Bahagia.

0 comments:

Post a Comment