SELAMAT DATANG

SEMINAR HARI AIDS SEDUNIA TAHUN 2019 BERSAMA KPA KABUPATEN PEKALONGAN



Setiap tanggal 1 Desember 2019, seluruh dunia memperingati Hari AIDS Sedunia. Tema yang diusung tahun ini adalah "Bersama Masyarakat Meraih Sukses" , sebuah slogan yang mengajak masyarakat untuk bisa meninggalkan pola pikir dan sudut pandang lama seputar HIV/AIDS yang menempatkan para penderitanya pada kondisi yang terkucilkan dengan stigma-stigma negatif (yang belum tentu benar) melekat kepada mereka.
Berdasarkan rilis pada laman UNAIDS, disebutkan jika masyarakat telah memberikan kontribusi yang sangat besar pengaruhnya baik pada kehidupan fisik, mental dan sosial penderita HIV/AIDS.
Masyarakat dengan mindset positif dan perlakuan yang tidak diskriminatif pada penderita HIV/AIDS dinilai sebagai faktor terpenting yang mampu membangkitkan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dari perasaan terpuruk dan terpinggirkan.
ODHA yang terdeteksi dini dan rutin mengkonsumsi ARV (Antiretroviral) dengan pendampingan petugas kesehatan/konselor dan dengan dukungan positif dari keluarga dan masyarakat memiliki kualitas serta harapan hidup yang sama dengan kita-kita yang bukan termasuk ODHA.


Kali ini pada hari selasa, 3 Desember 2019, KPA Kabupaten Pekalongan menggagas kegiatan seminar dan talkshow sehari dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2019 kemarin, dengan mengusung tema Bersama Masyarakat Sukses, 3 Zero HIV AIDS di tahun 2030.



Acara ini digelar oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Pekalongan dan Dinas Kesehatan, yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh OPD, perwakilan Warga Peduli AIDS, Puskesmas, Rumah Sakit, TNI/Polri, Bhayangkari, Persit, dan organisasi profesi, keagamaan serta organisasi-organisasi masyarakat lainnya se-Kabupaten Pekalongan.



Turut hadir pula penggiat HIV/AIDS, ODHA, konselor sebaya dan praktisi medik dari RSUP Kariadi Semarang sebagai pemateri dan narasumber bagi para peserta seminar.



Giat seminar ini juga dibarengi dengan pemeriksaan HIV dan test Narkoba gratis bagi para pengunjung.
Jauhi Penyakitnya Bukan Penderitanya.
Tetap Sehat dan Tetap Bahagia.

0 comments:

Post a Comment