SELAMAT DATANG

PEMERIKSAAN CALON JAMAAH HAJI DI PUSKESMAS KEDUNGWUNI I


Penyelenggaraan ibadah haji sebagaimana diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2008 bertujuan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jemaah haji sehingga jemaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran Islam. Penyelenggaraan ibadah haji menyangkut persiapan di Tanah Air hingga pelaksanaan di Tanah Suci.

Puskesmas Kedungwuni I dan Dinas Kabupaten Pekalongan saat ini sudah mulai melakukan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan kesehatan bagi jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2019. Jemaah haji diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas, pemeriksaan kesehatan yang dimaksud merupakan pemeriksaan khusus jemaah haji yaitu mulai dari pemeriksaan fisik, laboratorium dan pemeriksaan kejiwaan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi jemaah haji, jika mengalami gangguan kesehatan akan diberikan pengobatan. pemeriksaan ini dapat dilakukan secara berkelompok maupun individu, calon haji tinggal datang ke puskesmas dengan membawa KTP asli yang selanjutnya akan diberikan rujukan untuk tahapan tes kesehatan yang akan dilalui oleh calon jamaah haji.
Imunisasi Calon Haji
Setelah pemeriksaan kesehatan maka dilakukan upaya pembinaan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan atau setidaknya mempertahankan status kesehatan jemaah haji agar tetap memenuhi syarat istithaah kesehatan sampai menjelang keberangkatan. Pembinaan kesehatan yang dilakukan berupa penyuluhan kesehatan jemaah haji dan pengukuran kebugaran yang menggunakan metode rockport atau six minute walking test. Pembinaan kesehatan ini dapat dilakukan di puskesmas saat pemeriksaan kesehatan, atau dilapangan terbuka ataupun di KUA atau Asrama haji saat jemaah haji melakukan manasik haji. Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama bekerja sama untuk mewujudkan jemaah haji sehat dan mabrur.
Pemeriksaan dan Kunjungan Rumah Calon Haji
Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkelanjutan dan bersifat komprehensif dengan melaksanakan proses pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan pemeliharaan kesehatan jemaah haji sesuai standar agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Pemeriksaan kesehatan sebelum keberangkatan haji berfungsi sebagai alat prediksi risiko kesakitan dan potensi kematian. Seluruh catatan medis jamaah haji, dari pemeriksaan pertama sampai pemeriksaan terakhir akan terekam dalam kartu kesehatan jamaah haji, . Sistem digital ini memudahkan petugas dalam mengakses sistem komputerasi sistem haji terpadu bidang kesehatan. Data kesehatan jemaah haji bisa dibuka melalui ponsel dan komputer yang tersambung dengan jaringan Internet. Petugas kesehatan cukup memindai kode garis (barcode) yang terdapat pada KKJH.

PEMERIKSAAN HAJI

Salam Sehat, Semoga Tetap Sehat dan Menjadi Haji yang Mabrur
.

0 comments:

Post a Comment