SELAMAT DATANG

LANSIA KABUPATEN PEKALONGAN SEHAT DAN BERMARTABAT


Salam Sehat Sahabat Puskesmas Kedungwuni I

Hari ini (Selasa, 16 Juli 2019) bertempat di Gedung Pertemua Umum (GPU) Kajen digelar puncak perayaan Hari Lanjut Usia Nasional tingkat Kabupaten Pekalongan yang ke-23. Hari Lanjut Usia Nasional sendiri diperingati setiap tanggal 29 Mei disetiap tahunnya.



Hari Lanjut Usia Nasional merupakan sebuah hajat tahunan terhadap keberadaan Kaum Lanjut Usia sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang di usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei 1945.


Sebagai wujud dari penghargaan terhadap orang lanjut usia, pemerintah membentuk Komnas Lansia (Komisi Nasional Perlindungan Penduduk Lanjut Usia), dan merancang Rencana Aksi Nasional Lanjut Usia di bawah koordinasi kantor Menko Kesra. Komnas Lansia dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 52 tahun 2004 dan bertugas sebagai koordinator usaha peningkatan kesejahteraan sosial orang lanjut usia di Indonesia.


Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2016, ada 22,4 juta lansia di Indonesia. Jumlah ini sama dengan 8,69 persen dari seluruh penduduk. Pada 2045, Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan angka populasi lansia di Indonesia diperkirakan mencapai 63,31 juta. Hampir 20 persen dari seluruh penduduk negeri ini. Perserikatan Bangsa Bangsa pun mengungkap proyeksi tak jauh berbeda. Sekitar 74 juta lansia pada 2050. Atau sekitar 25 persen dari populasi.



Tema yang diusung pada peringatan Hari Lanjut Usia kali ini adalah "Lanjut Usia mandiri, Sejahtera dan Bermartabat", dan dengan sub tema pada tingkat kabupaten “ Lanjut Usia Sehat Dan Berdaya, Masyarakat Sejahtera”.

Peringatan HLU kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi, para Kepala OPD terkait dan dimeriahkan oleh perwakilan lansia dari seluruh wilayah kerja Puskesmas di Kabupaten Pekalongan.


Beberapa rangkaian acara dan kegiatan dalam peringatan Hari Lanjut Usia diantaranya adalah lomba senam Lansia, lomba pengetahuan lansia/lansia cerdas, penyerahan bantuan permakanan kepada lansia non produktif, pemeriksaan laboratorium dan kesehatan dasar, serta konsultasi gizi secara cuma-cuma.



Diharapkan dengan digelarnya rangkaian acara yang melibatkan pemberdayaan para lanjut usia ini akan membawa dampak positif pada optimalisasi peningkatan kepedulian akan taraf kesehatan dan kesejahteraan para lansia.


Usia lanjut bukan batasan dan hambatan untuk terus berkarya.

Tetap Sehat dan Tetap Bahagia


0 comments:

Post a Comment